TUNTUTAN
SEKRETARIS UNTUK MENGIKUTI PERKEMBANGAN ZAMAN
Kondisi para pengusaha pada saat ini mereka
harus menghadapi berbagai tantangan dan
persaingan yang ketat dalam dunia bisnis. Kondisi demikian membuat para
pimpinan perusahaan membutuhkan jasa sekretaris yang lebih handal dan
profesional. Era globalisasi informasi yang diwarnai dengan kemajuan teknologi
informasi dimana hal ini berpengaruh terhadap orangorang yang menggeluti
profesi sebagai sekretaris, pengaruh dari era ini sangat besar terhadap peran
dan fungsi sekretaris dimana mereka harus
menyesuaikan diri dan memperluas wawasan.
Peranperan sekretaris atau tenaga administrasi konvensional yang
bersifat administratif dan klerikal sebagian besar telah tergantikan oleh perangkat teknologi informasi. Oleh karena
itu tingkat kompetensi sekretaris menjadi mutlak untuk ditingkatkan sebagai
pendukung kinerja para pimpinan perusahaan.
Pada zaman era globalisasi, sekretaris harus
mengembangkan diri mengikuti perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk
menjadi sekretaris yang profesional harus dapat mengikuti perkembangan zaman
sehingga mampu dapat mengatasi perubahan dan dapat bekerja semaksimal mungkin
untuk menghadapi dunia kerja seorang sekretaris dengan daya saing yang semakin
maju.
Tugas
dari Sekretaris perusahaan tidak hanya melakukan pekerjaan yang bersifat rutin
,insidental maupun kreatif akan tetapi tugas-tugas ini harus di imbangi
berkembangnya pengetahuan dan keterampilan yang di tunjukkan dengan proses
belajar yang terus menerus.Kedudukan
Sekretaris di era globalisasi tidak lagi bertugas menjalankan kegiatan yang
bersifat clerial saja akan tetapi di perusahaan besar seorang Sekretaris
berkedudukan sejajar dengan pimpinan.
Sekretaris bertugas mencarikan dan
menyajikan informasi kepada pimpinanya.
Untuk itu ia harus pandai menggali informasi dari berbagai sumber, lalu
menginterpretasikan sehingga dapat memilih informasi yang di nilai bermanfaat
untuk disajikan kepada pemimpin. Sekretaris
profesionalharus mampu berpikir untuk mengidentifikasi sebab dan akibat setiap
kali menghadapi masalah dan dapat mencari solusinya dengan tepat.
Sehingga pimpinan tidak perlu terus menerus
menuntun dan membimbing sekretaris, namun cukup mendelegasikan setiap penugasan
kepada sekretaris dan sekretaris yang bersangkutan mampu menyelesaikan tugasnya
secara baik .Pimpinan cukup memberi instruksi kepada sekretaris secara garis
besar dan memberi delegasi secukupnya, selanjutnya menjadi tanggung jawab
sekretaris untuk menindak lanjuti, termasuk memecahkan masalah yang dihadapi
dalam setiap menyelesaikan tugasnya.
Dalam
era globalisasi fungsi dan peran sekretaris sangat di butuhkan oleh
manager.Untuk mengahadapi tugasnya seorang sekretaris pun akan menghadapi
tantangan yang tidak mudah.
Untuk menghadapi tantangannya seorang
sekretaris mampu mengantisipasinya dengan cara:
a.Memiliki kepribadian dan sikap sesuain dengan posisinya sebagai seorang sekretaris
b.Memiliki berbagai keterampilan yang menunjang pekerjaannya
c.Terampil dalam memakai peralatan kantor berteknologi tinggi
d.Terampil dalam mengelola kantor
e.Cakap berhubungan dengan pimpinan dan orang lain
f.Menguasai bahasa asing terutama bahasa inggris
a.Memiliki kepribadian dan sikap sesuain dengan posisinya sebagai seorang sekretaris
b.Memiliki berbagai keterampilan yang menunjang pekerjaannya
c.Terampil dalam memakai peralatan kantor berteknologi tinggi
d.Terampil dalam mengelola kantor
e.Cakap berhubungan dengan pimpinan dan orang lain
f.Menguasai bahasa asing terutama bahasa inggris
Adapun pengetahuan dan wawasan yang
harus diketahui oleh seorang sekretaris adalah sebagai berikut :
·
Pengetahuan
akan bidang usaha tempat kita bekerja
·
Pengetahuan
akan Rekanan bisnis pimpinan
·
Pengetahuan
akan pesaing dari perusahaan
Ada banyak cara yang dapat diakukan untuk
menambah wawasan dan pengetahuan diantaranya adalah :
·
Banyak membaca
dan mengikuti perkembangan dari beritaberita surat kabar dan media elektronik
·
Banyak mengikuti
forum, workshop, seminar, pelatihan, kursus, diskusi, Dan juga belajar
menuangkan isi pemikiran kita dalam bentuk tulisan
Seorang
sekretaris di tuntut memiliki sikap yang cekatan dan terampil karena sikap
tersebut menjadi salah satu faktor kemajuan perusahaan.Seorang sekretaris tidak
hanya menjadi pembantu tugas manager semata,akan tetapi seorang sekretaris
adalah seseorang dengan tugas,peran dan tanggung jawab yang tinggi. Tanpa seorang seketaris perusahaan tidak akan bisa mencapai
tujuannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar